Jumat, 01 April 2011

Ciri-ciri Dajjal

Kisah Dajjal dan turunnya Isa a.s dan terbunuhnya Dajjal dalam riwayat Abu Umamah serta Hadits yang diriwayatkan oleh sebagian sahabat.


Dajjal adalah seorang laki-laki Yahudi yang buruk, berperangai buruk dan berbentuk seperti setan. Dajjal dikelilingi oleh setan-setan dan diikuti oleh 70.000 orang yahudi yang bertoga (sejenis topi) di kepala.

Sabda Rasulullah SAW :
" Orang tua dajjal tidak pernah mendapatkan anak selama 30 tahun, kemudian terlahirlah dari keduanya seorang anak laki-laki yang hanya bermata satu, berperangai buruk dan sangat sedikit manfaatnya. Ketika matanya tidur, hatinya tidaklah ikut tertidur. Kemudian Rasulullah SAW menerangkan tentang dua orang tuanya dengan bersabda : 'Ayahnya adalah seorang laki-laki berpostur tinggi, berdaging tidak teratur, berhidung panjang, seakan-akan hidungnya adalah paruh burung. Ibunya adalah seorang wanita besar, bertangan panjang, dan berpayudara besar.' "
Riwayat Imam Ahmad dari Abu Bakar. Diriwayatkan juga oleh At-Tirmidzi  dari Hammad bin Salamah.

Apabila dajjal dilihat dari jauh maka ia terlihat seperti laki-laki pendek berbadan sangat gemuk, berkulit coklat merah yang murni, pipinya merah, kepalanya besar seakan-akan kepalanya adalah kepala ular, berambut sangat keriting yang berbintik-bintik seakan-akan rambutnya terbuat dari air dan kerikil, tebal berkelok-kelok sakan-akan rambutnya itu dalah dahan-dahan pohon dan ujung kedua telapak kakinya berdekatan sedangkan tumitnya berjauhan.

Apabila dajjal dilihat dari dekat maka ia terlihat seperti setan. Bagian kanan wajahnya terhapus, tidak bermata dan tidak beralis, mata kirinya menyala berwarna hijau seakan-akan ia adalah bintang yang berkilau (bermata satu) dan menjulur keluar, membelalak dan menggembung atau menjulai di atas pipinya.
(Kitab Fathul Baari , Kitab Al-Fitan, bab Dzikruddajjal, halaman 97)

Tertulis dia antara dua matanya kata kafir yang dieja oleh Rasulullah : kaf, fa' , ra' yang dapat di baca oleh setiap mu'min yang pandai membaca maupun yang buta huruf.

Pada zaman sekarang ini penafsiran definisi dajjal sangat beragam, ada yang mengatakan bahwa dajjal hanyalah sekedar isyarat atau kode yang muncul dalam bentuk televisi atau segitiga bermuda, dan lain sebagainya. Sementara itu hadits-hadits yang menerangkan tentang ciri-ciri dajjal secara terperinci sangatlah banyak.

Berikut ini hadits-hadits yang menerangkan secara fisik dajjal:
  1. " Sesungguhnya Al-Masihuddajjal adalah seorang laki-laki pendek, ujung telapak kakinya berdekatan, sedangkan tumitnya berjauhan, berambut keriting, bermata sebelah dengan mata yang terhapus.: (Riwayat Abu Dawud dari Ubadah Ibnu Shamit dan Diriwayatkan juga oleh Imam Ahmad)

  2. " Ternyata ia adalah seorang laki-laki yang berbadan besar, merah, dan berambut keriting dan bermata sebelah. " (Riwayat Bukhari dari Ibnu Umar)

  3. " Bukankah sesungguhnya ia itu bermata sebelah dan tertulis di antara kedua mata Dajjal itu kata 'kafir' yang dapat di baca oleh setiap mu'min. " (Muttafaqun 'Alaih, dari hadits Anas)

  4. " Sesungguhnya kepala Dajjal itu dari belakang terlihat tebal dan berkelok-kelok " (hadits shahih riwayat Ahmad dari Hasyim bin 'Amir)

  5. " Pada matanya yang sebelah kanan seakan-akan ia adalah satu biji anggur yang terapung " (Riwayat Bhukhari dalam kitab Shahihnya dari Ibnu 'umar, Kitab Al-Fitan, bab Dzikruddajjal)

  6. " Sesungguhnya dajjal itu terhapus matanya yang sebelah kiri " (Hadits shahih yang diriwayatkan oleh Ahmad dari Anas dan Abu Hudzaifah.)

  7. " Tertulis antara dua matanya huruf kaf, fa' , dan ra' ". (Diriwayatkan oleh At-Tirmidzi dari Anas)


    Dan berikut adalah hadits-hadits yang menyatakan tentang keberadaan Dajjal:


    1. Dia pasti keluar di antara kalian. Sesungguhnya dia benar-benar wujud dan dekat maka setiap yang akan datang sesungguhnya ia adalah dekat. Sesungguhnya dia keluar karena marahnya dan dia tidak keluar sampai harta warisan tidak lagi dibagi dan seseorang tidak gembira dengan harta rampasan.

    2. Seandainya dia keluar, sedangkan aku masih ada diantara kalian maka akulah yang menjadi pelindung bagi setiap muslim. Tetapi seandainya dia keluar sesudahku (wafat), maka setiap muslim menjadi pelindung bagi dirinya sendiri, dan allah SWT penggantiku sebagai pelindung bagi  setiap muslim. Dalam Hadits yang diriwayatkan oleh Abu Umamah, " Seandainya dia datang sesudah aku tiada, maka allah mencukupkan kalian dengan orang-orang salih."

    3. Sesungguhnya dia akan keluar dari arah timur. Dalam sekelompok Yahudi Ashafahan, seakan-akan wajah-wajah mereka gila. Suatu tempat antara Syam dan Irak, membuat kerusakan di kanan dan kiri, wahai hamba allah, tetaplah kalian di situ (diucapkan tiga kali)

    4. Maka sesungguhnya saya akan memberikan keterangan kepada kalian yang tidak pernah diterangkan oleh nabi sebelumku. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ubadah, "Sesungguhnya aku menceritakan kepada kalian tentang Dajjal sampai aku takut kalian tidak mempercayainya."

    5. Sesungguhnya dia mulai, lalu dia (Rasulullah) berkata, "(Dajjal berkata) Aku adalah nabi dan ketahuilah kalian tidak melihat tuhan kalian sampai kalian mati."

    6. Sesungguhnya dia itu juling, (buta sebelah) mata sebelah kiri alisnya lebat, hijau bagaikan bintang-bintang bersinar, matanya sebelah kanan bagaikan buah anggur, tidak ada pohon-pohon dan batu-batu, dan rambut keriting. Ketahuilah apa yang tersembunyi pada kalian dari sesuatu, maka tidak akan tersembunyi pada kalian. Sesungguhnya Tuhan kalian tidaklah juling (ketahuilah apa yang tersembunyi pada kalian dan sesuatu, maka tidak akan tersembunyi pada kalian, sesungguhnya Tuhan kalian tidaklah juling) (menyebutkan tiga kali dan tangannya mengisyaratkan kepada kedua matanya). sesungguhnya kalian tidak akan melihat Tuhan kalian sampai kalian mati.

    7. Sesungguhnya dia berjalan di muka bumi, sedangkan bumi dan langit merupakan milik Allah.

    8. Sesungguhnya dia adalah pemuda yang berambut keriting, saya menyerupakan dengan Abdul Uza bin Qatan, pendek, jelek, dan cacatnya.

    9. Sesungguhnya dia adalah Adam (lelaki), berkeriting (keriting rambutnya)

    10. Sesungguhnya tertulis diantara kedua matanya: Kafir. Dibaca oleh orang yang membenci perbuatannya, atau dibaca oleh setiap orang beriman baik dia itu dapat menulis ataupun tidak boleh  menulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar